Diet Sehat / Prinsip / Program / Menu Makan / Kelebihan dan Kekurangan

Diet Sehat / Prinsip / Program / Menu Makan / Kelebihan dan Kekurangan

Kita sering mendengar tentang adanya sebutan diet sehat bagi orang yang ingin menurunkan berat badan. Lalu apa sebenarnya diet sehat itu? Diet bukan merupakan sebuah cara dimana kamu gak mengonsumsi apapun sama sekali. Kegiatan yang satu ini lebih mengacu pada mengatur pola makan yang lebih baik.

Sedangkan arti dari diet sehat sendiri yaitu mengatur pola makan yang baik dengan mengonsumsi makanan yang lebih sehat. Tanpa perasa buatan, tanpa MSG, dan tanpa pengawet. Diet sehat tidak hanya bagus untuk membentuk tubuh ideal, namun juga menjaga kesehatan tubuh dari penyakit.


A. PRINSIP DIET SEHAT


prinsip diet sehat

Pada dasarnya prinsip diet sehat yaitu mengatur pola makan kita agar tidak berlebihan maupun terlalu kurang. Pemikiran bahwa diet seharusnya tidak mengonsumsi makanan apapun harus ditepis, karena tubuh Anda tetap memerlukan asupan makanan setiap hari. Prinsip ini juga bergantung dari jenis makanan yang akan Anda konsumsi setiap harinya.

1. Pola Makan Sehat

Diet sehat bisa dikatakan sebagai alat untuk mengatur Anda agar mempunyai pola makan sehat. Pola makan sehat contohnya yaitu tidak mengonsumsi makanan terlalu banyak dalam sehari. Cukup 2 sampai 3 kali sehari sesuai kebutuhan.

Pola makan sehat setiap orang berbeda, tergantung aktivitas dan kebutuhan tubuh. Misalnya Anda adalah seorang pekerja yang sibuk, tentunya pola makan Anda perlu diatur dan tidak boleh melewatkan jam makan.

2. Menu Makan Sehat

Selain mengatur pola makan sehat, diet sehat juga menyarankan Anda untuk lebih memilih menu makanan sehat. Makanan sehat yang disarankan adalah makanan organic yang tidak mengandung banyak zat berbahaya di dalamnya.

Menu makan sehat juga tergantung dari bagaimana Anda mengolah dan memilih bahannya. Pengolahan makanan dengan bahan yang tepat akan menjadikan tubuh Anda lebih sehat dan tidak mudah diserang penyakit.

3. Gaya Hidup Sehat

Diet sehat yang Anda lakukan tentunya tidak akan berguna jika Anda tidak menerapkan gaya hidup yang sehat pula. Olahraga dan tidak merokok merupakan contoh gaya hidup sehat yang bisa Anda terapkan mulai sekarang.

Selain itu, makan tepat waktu, istirahat yang cukup, dan tidak makan berlebihan di malam hari juga merupakan contoh gaya hidup sehat yang perku Anda lakukan jika ingin memulai program diet.

4. Memilih Program Diet

Jenis atau kategori diet sehat sendiri ada beberapa macam. Perbedaan jenis diet satu dengan yang lainnya dilihat dari banyak hal. Pola makan, menu makanan, sampai dengan caranya pun berbeda-beda.

Ada jenis diet yang menganjurkan Anda hanya mengonsumsi makanan tertentu saja. Namun ada juga program diet yang memperbolehkan Anda mengonsumsi apapun hanya dalam satu kali sesi makan saja. Berikut ini jenis program diet sehat yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

 


B. Macam-Macam Program Diet Sehat


1. DIET MAYO

Pesan Catering Diet Hari ini di Jakarta

Apa itu Diet Mayo? Diet mayo merupakan jenis diet yang diperkenalkan oleh sebuah klinik di Amerika Serikat. Inti dari diet unik ini yaitu tidak mengonsumsi semua jenis makanan yang mengandung garam selama beberapa hari, kurang lebih 13 hari.

Dalam 13 hari, Anda hanya boleh mengonsumsi makanan yang tidak mengandung rasa asin. Anda masih bisa mengonsumsi makanan manis namun hanya dalam porsi yang sedikit.

1 (a). Prinsip Diet Mayo

Prinsip diet mayo didasarkan pada pengaruh konsumsi garam untuk tubuh Anda. Garam mempunyai sifat mengikat atau menahan air di dalam tubuh. Jika Anda tidak mengonsumsi garam selama beberapa hari, maka air yang menumpuk di dalam tubuh Anda bisa dikeluarkan lewat urin. Berat badan Anda pun bisa lebih mudah untuk diturunkan.

Sebagian besar tubuh kita memang terdiri dari air.  Jika kandungan air ini terlalu banyak dan tidak bisa dibuang keluar dari dalam tubuh, tubuh Anda akan mengalami penambahan berat badan yang cukup banyak. Dengan mengurangi konsumsi garam, air di dalam tubuh pun bisa dibuang dengan mudah.

1 (b). Kelebihan dan Kekurangan Diet Mayo

Kelebihan diet mayo yaitu Anda bisa menurunkan berat badan dengan lebih mudah. Proses buang air kecil di tubuh Anda pun juga akan lebih teratur dan lancar. Anda bisa mencegah penyakit yang berkaitan dengan saluran kemih.

Penyakit saluran kemih sendiri lebih banyak diderita oleh wanita karena letak kandung kemihnya yang lebih berpotensi terserang bakteri jika dibandingkan dengan pria. Itulah mengapa jika diet mayo lebih disarakan untuk kaum hawa yang ingin berdiet dengan sehat.

Kekurangan diet mayo sendiri yaitu kembali naiknya berat badan Anda ketika Anda sudah selesai melakukan diet mayo selama 13 hari. Jika Anda terus melakukan diet ini, kemungkinan besar Anda akan kekurangan banyak cairan tubuh karena tidak adanya garam yang dikonsumsi.

Garam juga mengandung senyawa yodium yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Jika Anda kekurangan senyawa ini, maka Anda bisa diserang penyakit seperti penyakit kekurangan yodium atau penyakit gondokan.

1 (c). Cara Diet Mayo

Cara diet mayo yang paling penting yaitu benar-benar menghindari semua jenis makanan yang mengandung garam. Mungkin rasa makanan yang Anda konsumsi terasa hambar, namun Anda bisa mengkalinya dengan memilih makanan yang direbus.

Diet mayo akan membuat Anda banyak mengeluarkan cairan dari dalam tubuh karena tidak adanya pengikat cairan seperti garam. Itulah mengapa Anda juga membutuhan konsumsi air putih lebih banyak agar tubuh Anda tidak kekurangan cairan setiap harinya.

1 (d). Menu Diet Mayo

Menu makanan untuk diet mayo tidaklah sulit. Anda hanya perlu mempersiapkan jenis makanan yang direbus dan makanan ringan sebelum beraktivitas.

Berikut ini beberapa menu diet mayo yang bisa Anda pilih

  • Menu Diet Mayo Pagi Hari

Pagi hari ketika sarapan bukanlah waktu yang tepat untuk mengonsumsi makanan berat seperti nasi. Anda bisa mengonsumsi teh hijau dengan sepotong roti. Kombinasikan menu ini selama diet mayo Anda berlangsung. Jika Anda tidak menyukai teh, Anda bisa menggantinya dengan jus buah yang tidak dicampur dengan gula.

  • Menu Diet Mayo Siang Hari

Nah, siang harinya Anda bisa mengonsumsi lebih banyak makanan yang direbus. Tidak hanya sayuran, namun juga daging ayam rebus, telur rebus, serta buah. Konsumsi semua menu itu pun tidak boleh terlalu banyak. Menu diet mayo yang sangat disarankan yaitu berupa salad sayur dan salad buah yang masih segar.

 

2. DIET OCD

Diet Sehat OCD

Satu lagi jenis diet sehat yang sudah dikenal banyak orang, yaitu diet OCD. OCD atau Obsessive Corbuzier Diet merupakan jenis diet yang diperkenalkan oleh Deddy Corbuzier. Sudah banyak orang yang berhasil menurunkan berat badan dengan diet ini.

Diet OCD sendiri tergolong jenis diet yang berat. Anda perlu memperhatikan jam makan Anda dalam sehari yang dibatasi kurun waktu tertentu. Ada yang cocok, namun ada juga yang tidak cocok menjalankan diet ala Deddy Corbuzier ini.

2 (a). Prinsip Diet OCD

Prinsip diet OCD seperti Anda melakukan puasa. Namun selama puasa tersebut Anda masih boleh mengonsumsi air putih atau minuman teh tanpa gula. Yang paling penting Anda tidak diperkenankan untuk mengonsumsi kalori terlalu banyak.

Diet OCD sebenarnya tidak berbeda dengan jenis diet sehat lainnya. Anda hanya perlu memilih rentang waktu jam saja untuk makan dalam sehari. Itulah mengapa dalam diet ini ada yang dikenal dengan nama jendela makan atau bahkan puasa 24 jam.

2 (b). Kelebihan dan Kekurangan Diet OCD

Kelebihan diet OCD cukup banyak. Menerapkan puasa dalam diet ini akan membantu Anda dalam mencegah peradangan sel dan memperbaiki DNA tubuh yang rusak. Anda juga bisa mencegah penuaan dini dengan lebih sehat.

Sel tubuh yang sehat akan mencegah Anda dari serangan kanker. Tubuh Anda pun akan lebih kuat dari serangan radiasi bebas yang menyebar dengan mudah. Keriput dan flek hitam bisa dicegah dengan melakukan diet OCD ini.

Kekurangan diet OCD yaitu Anda bisa kekurangan energi cukup banyak. Terutama jika menu makanan yang Anda konsumsi ketika diet tidaklah pas. Diet ini juga melarang Anda untuk sarapan padahal sarapan merupakan hal yang penting sebelum Anda beraktivitas.

Banyak orang yang melakukan diet OCD dengan tahapan yang salah. Mereka memilih langsung untuk menjalankan puasa 24 jam tanpa mencoba waktu jendela makan diet terlebih dahulu. Akibatnya justru banyak penyakit yang akan menyerang tubuh.

2 (c). Cara Diet OCD

Cara diet OCD yang paling dasar yaitu mengenal jendela makan dan puasa singkat. Jendela makan adalah prinsip dimana Anda bisa makan apa saja namun tidak boleh berlebihan. Sedangkan untuk puasa singkat, Anda bisa mengonsumsi teh tanpa gula dengan mengurangi konsumsi makanan berkalori sedikitpun.

Jika Anda baru pertama kali menjalankan diet OCD ini, Anda diwajibkan untuk mencoba waktu jendela makan yang paling mudah terlebih dahulu. Yaitu jendela makan 8 jam.

  • Diet OCD dibagi ke beberapa jendela makan:

– Jendela makan 8 jam

Anda hanya bisa mengonsumsi makanan selama 8 jam dalam sehari. Jam mulai dan akhirnya bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya Anda memilih jendela makan mulai dari jam 12 siang sampai jam 8 malam. Selain di waktu tersebut, Anda tidak boleh makan sama sekali.

– Jendela makan 6 jam

Anda hanya butuh waktu untuk mengonsumsi makanan dalam sehari selama 6 jam saja. Jika Anda memulai jam makan dari jam 1 siang, maka waktu terakhir Anda untuk makan yaitu jam 7 malam.

– Jendela makan 4 jam

Anda hanya diberikan waktu sekitar 4 jam dalam sehari untuk mencukupkan konsumsi makanan. Selain waktu 4 jam tersebut, Anda tidak boleh makan apapun.

– Puasa 24 jam

Anda hanya perlu makan satu kali sehari saja, jam berapa saja, dan makan apapun sebanyak-banyaknya. Metode ini tidak disarankan untuk Anda yang baru mencoba diet OCD pertama kali.

Semua jendela makan dan puasa tersebut bisa Anda terapkan secara bertahap. Misalnya minggu pertama Anda menerapkan jendela makan 8 jam terlebih dahulu. Jika sudah terbiasa, minggu berikutnya Anda bisa mencoba jendela makan lainnya.

Pastikan Anda hanya mengonsumsi makanan yang memang dapat membantu Anda tetap berenergi dalam satu hari sehingga gejala lemas dan kurang bertenaga dapat diatasi.

2 (d). Menu Diet OCD

Menu diet OCD tidaklah ribet. Anda bisa mengonsumsi makanan apa saja asal jangan terlalu berlebihan. Konsumsi kalori perlu dikurangi dan Anda tidak boleh mengonsumsi terlalu banyak gula.

Misalnya jika Anda memilih salah satu jendela makan diet OCD, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan yang mengenyangkan secukupnya. Perbanyak sayur, buah, dan makanan sumber energi seperti daging dan ikan.

3. DIET KARBO

Diet Sehat Karbo

Apa Itu Diet Karbo? Diet karbo merupakan jenis diet sehat yang mengatur pola makan Anda secara lebih spesifik yaitu dengan mengurangi konsumsi karbohidrat. Banyak orang yang mengalami kelebihan berat badan karena konsumsi karbohidrat yang berlebihan.

Karbohidrat merupakan salah satu gizi yang diperlukan oleh tubuh sebagai sumber energi dan stamina. Konsumsi makanan dengan karbohidrat memang tidak dilarang namun jika setiap harinya Anda terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat, maka tubuh Anda akan mengalami penumpukan gula.

Gula yang menumpuk terlalu lama di dalam tubuh dan tidak dibakar akan membuat Anda menjadi gemuk atau kelebihan berat badan. Itulah mengapa muncul program diet untuk mengurangi konsumsi karbohidrat berlebih.

Prinsip Diet Karbo

Prinsip diet karbo sendiri bukan berarti Anda tidak mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sama sekali. Anda hanya perlu mengurangi porsi makanan yang mengandung karbohidrat setiap harinya, seperti nasi, pasta, dan mie.

Misalnya dalam sehari Anda sering mengonsumsi nasi tiga kali. Nah saat menjalankan diet karbo, Anda perlu mengurangi porsi nasi yang Anda makan. Sehari dua kali setengah porsi nasi dengan lauk sayur dan kacangan-kacangan bisa menjadi contoh menu diet karbo Anda.

Kelebihan dan Kekurangan Diet Karbo

Kelebihan diet karbo yang pertama yaitu keberhasilan Anda dalam melakukan diet ini cukup tinggi. Anda juga bisa mencegah penyakit yang timbul akibat kelebihan karbohidrat seperti penyakit jantung, diabetes, dan juga obesitas.

Beberapa penyakit kronis yang banyak menyerang seseorang saat ini lebih banyak didominasi oleh konsumsi karbohidrat berlebih. Jika Anda mempunyai gejala obesitas dan penyakit kronis lainnya, mulailah untuk melakukan diet sehat ini.

Kekurangan diet karbo berkaitan dengan konsumsi lemak yang cenderung lebih banyak. Orang yang sedang melakukan diet karbo akan lari ke konsumsi makanan yang berlemak seperti daging. Jika tidak diatur dengan baik, maka tubuh Anda bisa kembali gemuk dengan penimbunan lemak di dalam tubuh.

Diet karbo yang dijalankan pertama kali kemungkinan besar akan membuat tubuh Anda gemetaran karena berkurangnya konsumsi karbohidrat. Hal ini bisa berlangsung cukup lama jika ternyata tubuh Anda tidak cocok menjalankan diet ini.

Cara Diet Karbo

Cara diet karbo yang benar yaitu dengan mengurangi porsi makanan berkarbohidrat. Jika Anda selama ini lebih banyak mengonsumsi nasi putih, Anda bisa menggantinya dengan kentang. Anda juga sebaiknya mengonsumsi makanan bervitamin yang sehat seperti buah.

Lalu bagaimana dengan asupan energi untuk tubuh? Energi untuk tubuh Anda tidak hanya berasal dari karbohidrat, namun juga dari lemak dan protein. Perbanyaklah konsumsi kacang-kacangan serta daging.

Menu Diet Karbo

Berikut ini beberapa jenis makanan yang bisa Anda jadikan menu diet karbo yang sehat:

  • Protein hewani: daging, telur, ikan
  • Sayuran: wortel, selada, brokoli
  • Buah-buahan: jeruk, apel, pir, dan buah yang tidak mengandung banyak potassium seperti pisang
  • Protein nabati: kacang kedelai, tahu, tempe.

Menu makanan diatas bisa Anda kombinasikan setiap harinya.

Sarapan pagi sebaiknya hanya diisi dengan konsumsi buah dan telur saja, bukan makanan berat. Sedangkan untuk makan siang bisa Anda kombinasikan antara sayuran dengan makanan yang mengandung protein nabati.

Nah, khusus untuk malam hari ketika lapar sebaiknya Anda hanya mengonsumsi buah saja. Dan usahakan untuk tidak makan setelah jam 7 malam.

4. DIET FOOD COMBAINING

Diet Sehat Food Combining

Jadi apa Itu Diet food combining? Diet food combining adalah jenis diet yang mengatur pola makan Anda dengan memperhatikan kandungan gizi dalam makanan. Contohnya memisah konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dengan makanan yang mengandung protein.

Tujuan dari diet food combining yaitu mencegah tubuh Anda dari reaksi ketika satu jenis gizi makanan dengan gizi makanan lainnya bertemu. Hal ini karena tidak semua kandungan gizi makanan bisa Anda campurkan jadi satu dalam satu kali waktu makan.

Prinsip Diet Food Combining

Pada prinsipnya, diet food combining mempunyai aturan dimana Anda tidak boleh mengonsumsi makanan yang mengandung gizi tertentu dalam sekali makan. Hal ini untuk mencegah efek yang ditimbulkannya pada tubuh Anda.

Diet ini sangat pas dilakukan bagi orang Indonesia karena banyak kebiasaan dari mengonsumsi nasi dengan lauk yang berbeda-beda. Prinsip diet food combining juga akan mengajarkan Anda bagaimana memilih nutrisi makanan yang tepat.

Kelebihan dan Kekurangan Diet Food Combining

Kelebihan dari melakukan program diet food combining yaitu tubuh Anda akan mempunyai kadar asam yang lebih seimbang karena pemisahan gizi makanan yang tepat. Pencernaan Anda pun menjadi lebih sehat dan tidak terbebani dengan pengolahan yang berat.

Kandungan makanan dengan gizi yang berbeda jika dikonsumsi dalam satu waktu juga bisa memicu banyak gangguan kesehatan dalam tubuh. Diet food combining akan membantu Anda mencegah serangan penyakit akibat salah konsumsi makanan.

Kekurangan diet food combining sendiri belum diteliti secara mendalam oleh para ahli kesehatan. Yang jelas, jika Anda memisahkan kandungan gizi makanan dengan tepat maka tidak akan menimbulkan banyak efek buruk.

Cara Diet Food Combining

Cara menerapkan diet food combining yang harus Anda lakukan pertama kali yaitu mengetahui terlebih dahulu mana jenis makanan yang bisa dikonsumsi bersamaan dan mana yang tidak. Contohnya konsumsi jus buah atau sayur sebaiknya tidak dicampur dengan gula.

Anda juga tidak boleh mengonsumsi jenis buah yang berbeda dalam sekali makan. Kandungan nutrisi buah satu dengan yang lainnya tidaklah sama.  Selain buah, sebisa mungkin hindarilah konsumsi daging langsung bersamaan dengan nasi.

Menu Diet Combining

Diet food combining perlu direncanakan dengan matang, terutama berkaitan dengan menunya. Berikut ini dafter menu diet untuk 1 minggu yang disarankan untuk Anda yang ingin menjalankan diet ini.

Daftar Menu Selama 1 Minggu: Sarapan Pagi

Hari 1: buah atau jus apel

Hari 2: buah atau jus jeruk

Hari 3: buah atau jus jambu

Hari 4: buah atau jus bengkuang

Hari 5: buah atau jus anggur

Hari 6: buah atau jus stroberi

Hari 7: buah atau jus melon

Daftar Menu Selama 1 Minggu: makan siang

Hari 1: dada ayam, salad sayur

Hari 2: lontong, kerupuk, gado-gado

Hari 3: sapo tahu, sayur bening, ayam goreng

Hari 4: pepes ikan, urap sayur

Hari 5: capjay sayur, fuyunghay

Hari 6: pangsit, siomay, tahu, kentang

Hari 7: sayur bening, daging

Daftar Menu Selama 1 Minggu: makan malam

Hari 1: bakwan jagung, soto tanpa daging

Hari 2: tahu goreng, nasi, sayur

Hari 3: bubur manado, kerupuk

Hari 4: nasi goreng dan sayuran

Hari 5: nasi, sayur, tempe

Hari 6: selada, tahu, nasi

Hari 7: spageti, sayur, brokoli

 

5. DIET ATKINS

Diet Sehat Atkins

Nah, apa Itu Diet Atkins? Diet atkins merupakan sebuah diet sehat yang dilakukan untuk mengatur pola makan dengan mengurangi karbohidrat. Jenis diet yang satu ini hampir mirip dengan diet karbo namun lebih fokus dengan menambah asupan protein ke dalam tubuh.

Banyak pakar kesehatan yang masih meragukan diet ini karena asupuan karbohidrat yang cenderung kurang dikonsumsi oleh tubuh. Diet ini mempunyai prinsip bahwa tubuh Anda akan terbantu dalam membakar lemak dengan asupan protein yang Anda miliki.

 

6. DIET TIDAK MAKAN NASI

Diet Tidak Makan Nasi

Jenis diet sehat lainnya yang juga sering diterapkan untuk mengurangi berat badan di dalam tubuh yaitu diet tidak makan nasi. Diet ini merupakan jenis diet dimana Anda tidak mengonsumsi nasi sama sekali. Hal ini dilakukan untuk mengurangi jumlah karbohidrat yang Anda konsumsi dari nasi.

Diet tidak makan nasi dilakukan dengan mengonsumsi lebih banyak sayuran, daging, dan kacang-kacangan. Anda juga bisa mengganti nasi dengan makanan lainnya seperti kentang dan gandum. Cara diet ini memang dirasa ampuh bagi sebagian orang.

Diet tidak makan nasi sebenarnya mirip dengan diet karbo, namun dalam diet ini Anda tidak diperbolehkan mengonsumsi nasi sama sekali. Penggantinya bisa dengan konsumsi gandum atau kentang.

7. DIET PALEO

Diet Sehat Paleo

Diet paleo merupakan salah satu jenis diet sehat yang sering disebut juga dengan diet nenek moyang. Jenis diet ini mengedepankan konsumsi makanan organic tanpa campuran bahan-bahan berbahaya seperti bahan pengawet.

Diet ini sering dibandingkan dengan diet modern saat ini yang mengedepankan menu makanan sehat dengan olahraga yang seimbang. Dulu diet paleo cukup sulit dilakukan karena belum banyaknya jenis bahan makanan organik yang dapat dibeli.

Saat ini sudah banyak jenis sayuran serta buah-buahan organic yang dijual di pasaran. Anda bisa mengonsumsi berbagai makanan organic agar tubuh Anda tidak terjangkit racun yang mematikan. Pastikan juga Anda menghindari konsumsi makanan kemasan atau kaleng.

8. DIET KETOGENIK

Diet Sehat Ketegonik

Diet ketogenik adalah diet sehat yang menerapkan konsumsi makanan rendah karbohidrat dengan meningkatkan konsumsi lemak. Jenis diet ini bisa dikatakan mirip dengan diet karbo atau diet Atkins. Sumber energi tubuh yang tadinya bergantung pada karbohidrat diganti dengan lemak sebagai energi alternative tubuh.

Kadar gula serta insulin di tubuh Anda akan menurun dengan drastic. Anda bisa mencoba diet ketogenik ini perlahan-perlahan sampai tubuh bisa menyesuaikan diri. Diet ini sendiri dibagi ke beberapa jenis, yaitu:

Standard ketogenic diet (SKD)

Jenis diet yang satu ini merupakan diet yang rendah karbohidrat dengan protein yang sedang dan lemak yang tinggi. 5% karbohidrat, 20% protein, 75% lemak.

Cyclical ketogenic diet (CKD)

Khusus untuk jenis ketegonik yang satu ini yaitu menggunakan karbohidrat dengan konsumsi yang tinggi. 5 hari pertama diet ketegonik dan 2 hari berikutnya konsumsi karbohidrat dengan cukup tinggi.

Targeted ketogenic diet (TKD)

Anda bisa menambah konsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat ketika melakukan diet ketegonik yang satu ini.

High-protein ketogenic diet

Diet ketegonik jenis ini hampir sama dengan Standard ketogenic diet (SKD), namun jumlah konsumsi proteinnya yang diperbanyak. Perbandingannya kira-kira 35% protein, 60% lemak dan 5% karbohidrat.

Itulah beberapa jenis diet sehat yang bisa Anda terapkan untuk menurunkan berat badan sekaligus menyehatkan tubuh. Pastikan Anda memilih jenis diet yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda agar bisa lebih banyak memberikan keuntungan bagi kesehatan tubuh. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda tentang diet. Selamat mencoba.

Tinggalkan komentar